Zip ID, ya, Kode Pos seluruh Indonesia dan.. web aplikasi bag. 1

Sebenarnya proyek ini termasuk proyek yang sudah lama menjadi, yang saya namakan, proyek rintisan. Proyek awal yang kelihatan mudah namun sebenarnya terdiri dari potongan-potongan pengalaman dalam membuat sebuah web aplikasi. Jujur saja, untuk datanya saja, saya harus menghabiskan waktu, lumayan banyak. Kenapa? Yup, saya melakukan pengumpulan data secara manual, alias manuallycrawlingweb kode pos, hasil googling di internet!

Lama dong? Ya bener, harus saya akui ini pekerjaan menantang. Dan untungnya, saya lakukan ini sudah lama, beberapa tahun yang lalu, jadi tidak terlalu malu untuk diceritakan di blog ini. Saya benar-benar tidak habis pikir, kenapa tidak ada orang Indonesia yang mau membagikan datanya gratis, maksud saya, tentu saja data publik, seperti kode pos, nama jalan, kurs bi, data saham misalnya, di internet sehingga saya tidak perlu kerjakan manual, copy-save yang menghabiskan banyak waktu?

Dengan pemikiran seperti ini, saya mendesain aplikasi web saya (belakangan diberi nama ZipID) supaya datanya mudah di-share. Data kode pos ini, saya rancang untuk dapat dibagikan hanya dalam kurang dari 1 menit. Haha.. terlalu ambisius? Nope. Dalam perjalanan, saya menemukan cara yang memudahkan saya.

Beberapa tahun yang lalu, mungkin format untuk pertukaran data yang banyak dipakai di internet adalah XML. Namun trend beberapa tahun terakhir, ternyata sudah berpindah ke JSON, karena lebih mudah dimengerti dan ramah dibaca orang (bukan hanya mesin). Dan saya benar-benar ter-inspirasi dengan gerakanNoSQL untuk mengerti konsep JSON secara menyeluruh (saya berencana untuk membahasnya sebagai topik selanjutnya). NoSql adalah konsep baru yang ditawarkan untuk menanggulangi besarnya data dan skala aplikasi, seperti yang dihadapi Google, Facebook atau Twitter. Agak panjang untuk menjelaskan, mungkin kesempatan lain saya bisa membahasnya secara mendalam.

So, akhirnya saya berhasil mengetahui tentang JSON dan NoSql movement. Karena dengan 2 hal ini saya dapat mem-bagikan data saya, dengan mudah dan cepat tentunya. Desain saya untuk format kode pos format JSON, adalah seperti ini:

{“zipID”:”welcome”,”version”:”1.0″}

dan untuk format isinya(content) yang dibagikan:

{ “status”:”OK”,

 "rows_affected":6,
 "results":[
 {"kode_pos":"10110","kelurahan":"Gambir","kecamatan":"Gambir","kota-kabupaten":"Jakarta Pusat","provinsi":"DKI Jakarta"},
 {"kode_pos":"10120","kelurahan":"Kebon Kelapa","kecamatan":"Gambir","kota-kabupaten":"Jakarta Pusat","provinsi":"DKI Jakarta"},
 {"kode_pos":"10130","kelurahan":"Petojo Utara","kecamatan":"Gambir","kota-kabupaten":"Jakarta Pusat","provinsi":"DKI Jakarta"},
 {"kode_pos":"10140","kelurahan":"Duri Pulo","kecamatan":"Gambir","kota-kabupaten":"Jakarta Pusat","provinsi":"DKI Jakarta"},
 {"kode_pos":"10150","kelurahan":"Cideng","kecamatan":"Gambir","kota-kabupaten":"Jakarta Pusat","provinsi":"DKI Jakarta"},
 {"kode_pos":"10160","kelurahan":"Petojo Selatan","kecamatan":"Gambir","kota-kabupaten":"Jakarta Pusat","provinsi":"DKI Jakarta"}
 ]
 }

 Dan saya mendesain hasil JSON ini untuk dibagikan hanya dengan 1 url:

 http://freelancecode.cz.cc/api/fluks/zip/search?id=101

 bersambung …

Tinggalkan Balasan

